Jumat, 29 November 2013

Pawn


Kebodohan. Suatu hal yang terdeteksi sesaat setelah (atau bahkan semenit setelah atau kalau mau yang lebih bego lagi ya sedetik setelah) kita berbuat sesuatu. Sama seperti saat kamu makan rendang 5 menit sebelum waktu berbuka di bulan puasa, ya, rasanya seperti itu. Tidakkah kamu merasa bodoh? Apa alasanmu? Lupa? Lupa kemudian ingat lagi? Kamu pikir kemana perginya memori itu disaat kamu lupa akannya? Ya itu mungkin saraf bodoh kita sedang mengambil alih, menyembunyikan sebuah fakta dan sebuah peringatan bagi kita hanya untuk sesaat, tepat sebelum kita melakukan sesuatu, kemudian mengembalikannya lagi saat semua sudah terlanjur terjadi dan terucap.

Entah teori darimana itu, yang jelas itu semua yang terlintas di otakku. Biar. Biar saja semua itu terdengar gila dan tidak masuk akal, sampai suatu saat nanti teori ini akan muncul di sebuah buku mata pelajaran, tertulis tepat di bawah namaku.

Ok. Mungkin aku memang sudah benar-benar tidak waras.

Ketidakwarasan ini rupanya adalah sebuah dampak dari sebuah peristiwa yang terjadi hari ini. Sesuatu terjadi, dan aku merasa gila setelah melakukannya. Berangsur-angsur aku berpikir, mengapa aku jatuh di lubang yang sama? Jika dulu lubang itu berisi ular, apakah kali ini aku berharap ular itu akan berubah menjadi emas? Sejujurnya iya dan sekarang aku bingung mencari kepastian dari semua kekhawatiranku ini.

Apakah aku harus diam, pasrah, berserah, dan menunggu seseorang datang memutuskannya untukku? Lagi? Setelah menengok ke belakang, ternyata ide itu adalah ide yang buruk. Mungkin tidak seburuk itu, aku memang tersakiti di awal, tapi kemudian aku menemukan kebaikan darinya, meskipun terkadang masih tersakiti juga. Masih terdengar tidak adil bukan?

Seperti pion kayu usang yang berdiri di tengah papan hitam putih, berhadapan dengan Raja beserta ksatrianya, ragu akan langkah yang akan dipilih. Ke belakang tidak bisa, maju pun banyak risikonya. Apa? Apa yang bisa dilakukan? Butuh pemikiran matang untuk bisa maju, menerjang yang lebih kuat dengan segala risiko yang mungkin akan didapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar